LAPORAN KEUANGAN – LABA RUGI

BAB VI
LAPORAN KEUANGAN – LABA RUGI

LAPORAN RUGI LABA

Laporan ini memberikan informasi mengenai kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan. Kinerja diukur dengan laba yang merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya yang telah mendatangkan pendapatan tersebut.

Elemen laporan rugi laba adalah:

a. Pendapatan

Dalam arti luas berarti kenaikan aktiva bersih atau aliran dana masuk ke kesatuan usaha yang terjadi akibat kegiatan perusahaan selain dari yang diakibatkan oleh transkasi modal atau pendanaan (financing). Pendapatan dapat digolongkan menjadi:

1) pendapatan operasi yaitu pendapatan yang diperoleh perusahaan dalam rangka kegiatan utama atau yang menjadi tujuan utama perusahaan. Nama pendapatan disesuaikan dengan bidang usaha perusahaan, misalnya usaha perdagangan atau manufaktur maka pendapatan operasi disebut dengan penjualan.

2) Pendapatan non operasi adalah pendapatan selain dari kegiatan utama perusahaan misalnya pendapatan bunga, deviden, untung penjualan aktiva tetap.

3) Untung luar biasa merupakan pendapatan non operasi yang sifatnya luar biasa baik kejadian maupun jumlahnya dan sifatnya insidentil, misalnya perusahaan memperoleh ganti rugi karena menang dalam perkara pengadilan hak paten.

b. Biaya

Dalam arti luas berarti penurunan aktiva bersih atau aliran dana keluar dari kesatuan usaha yang terjadi akibat kegiatan perusahaan selain yang diakibatkan oleh transaksi modal atau pendanaan. Pendapatan nantinya akan ditandingkan dengan biaya yang diperkirakan telah menghasilkan pendapatan yang diakui dalam suatu periode. Biaya juga digolongkan menjadi:

1) biaya operasi yaitu biaya yang terjadi dalam rangka memperoleh pendapatan operasi, terdiri dari:

a) harga pokok penjualan (cost of goods sold)

yaitu biaya yang benar-benar melekat pada produk barang atau jasa yang terjual.

b) biaya pemasaran/penjualan (selling expenses)

yaitu biaya yang berkait dengan kegiatan pengalihan produk dari perusahaan ke konsumen akhir dan kegiatan usaha peningkatan volume penjualan, antara lain biaya iklan, pelayanan penjualan, pengangkutan, distribusi dan lainnya.

c) biaya administrasi dan umum

yaitu biaya untuk kegiatan penunjang dalam kegiatan usaha pada umumnya.

2) biaya non operasi yaitu biaya yang trejadi selain dari yang timbul akibat kegiatan utama perusahaan antara lain biaya bunga, rugi penjualan aktiva tetapan dan lainnya.

3) Rugi luar biasa yaitu rugi non operasi yang luar biasa baik kejadian maupun jumlahnya, yang biasanya akibat kejadian yang tidak dapat dikendalikan manajemen, misalnya adanya musibah kebakaran.
hosting terbaik
Format laporan rugi-laba ada dua yaitu:

  1. format setahap (single step) yaitu pengurangan hanya dilakukan sekali (total pendapatan dikurangi dengan total biaya)
  1. format bertahap (multiple step) yaitu pengurangan secara bertahap sehingga dapat diketahui laba kotor penjualan (gross profit on sales), laba operasi (operating income), laba sebelum pajak (income before taxes) dan laba bersih (net income).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here